Our Blog

Softskill dibalik EURO

Table of Contents

Softskill dibalik EURO

Softskill dibalik EURO

Adakah menurut anda pelajaran softskill yang dapat kita ambil dari EURO 2012 yang berlangsung di Polandia-Ukraina kemarin?

Ada !

Namun, apa itu softskill? Apakah Kemampuan lembut? BUKAN !!!


Softskill adalah Ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. [1]

Nah, sekarang kita akan paparkan, apa kira-kira pelajaran softskill yang dapat kita petik dari perhelatan EURO 2012 kemarin.

Yang pertama, sportivitas.
Apa sportivitas?
Sportivitas adalah Sikap adil (jujur) terhadap lawan; sikap bersedia mengakui keunggulan (kekuatan, kebenaran) lawan atau kekalahan (kelemahan, kesalahan) sendiri; kejujuran; kesportifan [2].

Yang kedua, kerja sama.
Apa yang dimaksud kerja sama dalam hal ini?
Dalam permainan sepak bola, dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemainnya agar dapat berkolaborasi untuk mencetak dan mempertahankan angka. Karena permainan ini di samping kita harus memiliki skill individu, “teamwork skill” juga harus dimiliki oleh SEMUA pemain, iya, SEMUA pemain, baik penyerang, gelandang, bek, maupun kiper sekalipun. Maka dari itu para pemain sepakbola dibiasakan untuk hidup bersama agar dapat beradaptasi dengan karakter masing-masing orangnya. Dengan saling beradaptasi inilah salah satu cara untuk menumbuhkan “teamwork skill”.

Yang ketiga, ini yang paling SPECIAL, yaitu, menentukan “skala prioritas”.

Apa maksudnya?

Seperti yang kita ketahui, pertandingan sepak bola di Eropa (dikarenakan perbedaan waktu antar wilayah), maka ditayangkannya di negeri kita yang subur ini pada waktu-waktu pagi seperti jam 1-2.
Padahal kita sebagai muslim, menurut anda, ada perhelatan apa yang lebih seru dan patut sekali dikejar oleh setiap orang SETIAP malam pada jam-jam tersebut?

Perhelatan apa hayo?

Perhelatan ini, JELAS, jauh lebih agung daripada perhelatan EURO 2012 yang diadakan di Polandia-Ukraina kemarin, apakah ada yang tahu?

Bagi yang bisa menjawab (ketik jawaban di comment) dengan tepat, cepat, dan benar, bagi 1 orang tercepat, akan mendapat hadiah.pulsa senilai Rp 10.000 dari pemilik blog ini.

Baca Juga :