Our Blog

Setiap Hujan Sekolah Kebanjiran

Setiap Hujan Sekolah Kebanjiran

Setiap Hujan Sekolah Kebanjiran

Sejumlah sekolah di Kabupaten Bekasi selalu menjadi langganan banjir jika turun hujan

. Kondisi ini tentunya menghambat proses kegiatan belajar mengajar. Bahkan tidak jarang, siswa di pulangkan lebih awal.

SMPN 3 Cikarang Utara misalnya. Sekolah tersebut terendam air saat hujan deras yang mengguyur bekasi akhir pekan kemarin. “Hujan deras yang turun sejak Jumat siang sampai Sabtu dini hari menyebabkan sekolah ini kebanjiran,” kata penjaga sekolah SMPN 3 Cikarang Utara Sanin kepada Radar Bekasi.

Menurutnya, saluran drainase di lingkungan sekolah yang tidak berfungsi dengan baik menjadi salah satu penyebabnya,”Saluran air juga banyak yang tersumbat karena banyaknya sampah,” ungkapnya sembari mengaku, keinggian air di halaman sekolah kadang mencapai 20 cm hingga 30 cm.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada upaya menyelesaikan masalah tersebut

,”Sejauh ini tidak ada upaya untuk menyelesaikan masalah pengairan sendiri karena sekolah tidak tau menahu terkait hal itu. Masalah saluran air sendiri itu yang mengurusikan orang pengairan bukan urusan sekolah,” tungkasnya.

Pemandangan serupa juga terjadi di SMPN 5 Cikarang Utara. Kiriman air dari lingkungan perumahan sekiutar sekolah menyebabkan ketinggian air di sekolah tersebut mencapai 30cm,” “Banjir yang terjadi di SMPN 5 Cikarang Utara ini karena kiriman dari komplek perumahan penduduk sekitar SMPN 5 Cikarang Utara,” ungkap penjaga sekolah SMPN 5 Cikarang Utara, ELin kepada Radar Bekasi.

Dengan kiriman air tersebut lapangan sekolah juga halaman belakang SMPN 5 Cikarang

Utara terendam oleh banjir yang mengakibatkan aktivitas di sekolah tersebut terganggu. Salah satunya yaitu pelaksanaan ujian untuk mahasiswa universitas terbuka yang diselenggarakan di SMPN 5 Cikarang Utara terpaksa harus dipindahkan ke MAN 1 Bekasi.

Dia berharap agar pemerintah Kabupaten Bekasi seger amenyelesaikan masalah tersebut. Pasalnya, banyak sekolah di Kabupaten Bekasi yang menjadi langganan banjir saat turun hujan,”Belajar juga jadi tidak maksimal.”tandasnya.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/