Our Blog

Renungan

Table of Contents

Renungan

Renungan

Renungan berasal dari kata renung, artinya diam-diam memikirkan sesuatu atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam, dan memikirkan sesutau angan-angan. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori, yaitu:

a. Teori Pengungkapan

Yaitu sebuah teori yang dilakukan dengan menggunakan perasaan manusia, jadi teori ini biasanya dialami oleh seorang seniman ketika mereka akan menciptakan susatu karya seni. Jadi mereka menciptakan sesuatu diawali dengan merenung, lalu muncullah angan-angan kedepannya yang akan datang.

b. Teori Metafisik

Yitu teori yang menjelaskan bahwa suatu peciptaan atau hasil seni yang dibuat hanyalah merupakan tiruan dari karya seni lain, karena sesuatu yang indah sempurna yang asli hanyalah ciptaan tuhan.

c. Teori Psikologis

Suatu teori yang dalam proses penciptaan seni itu adalah keinginan-keinginan bawah sadar dari seorang seniman, dan hasil karya mereka itu merupakan bentuk terselubung atau diperhalus yang diwujudkan dari keinginan itu.

Keserasian

Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata rasi, yang artinya itu cocok, kena benar dan sesuai benar. Kata cocok, kenqa dan sesuai itu mengandung unsure perpduan, pertentangan, ukuran dan seimbang.

a. Teori objektif dan subjektif

Teori objektif mengatakan bahwa keindahan atau cirri-ciri yang mencipta nilai estetik adalah sifat yang memang telah melekat pada bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya.

Teori subjektif menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda ini tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri seseorang yang mengamati suatu benda. Adanya keindahan semata-mata tergantung pada pencerapan dari si pengamat itu. Kalaupun dinyatakan bahwa suatu benda memiliki nilai estetik, maka hal itu diartikan bahwa seseorang pengamat memperoleh suatu pengalaman estetik sebagai tanggapan terhadap benda indah itu.

b. Teori Perimbangan

Teori pertimbangan tentang keindahan dalam arti yang semakin terbatas, yakni secara kualitatif yang diungkapkan dengan angka-angka. Keindahan dianggap sebagai kualita dari benda-benda yang disusun. Hubungan dari bagian-bagian yang menciptakan keindahan dapat dinyatakan sebagai perimbangan tai perbandingan angka-angka.

Sumber : https://bingo.co.id/