Our Blog

Prestasi Siswa Tergantung Orang Tua

Prestasi Siswa Tergantung Orang Tua

Prestasi Siswa Tergantung Orang Tua

Sudah bukan jadi rahasia umum jika sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan perkembangan

dan prestasi para pelajarnya. Namun, peran serta orang tua pun ternyata tak kalah jauh penting dari para tenaga pendidik. Hal itu seperti yang diungkapkan Kepala SDN Ciparigi Kota Bogor, Sri Prihatiningsih saat ditemui Metropolitan di kantornya, kemarin.

Menurutnya, orangtua sangat memegang peranan yang amat penting untuk meningkatkan perkembangan dan prestasi anaknya. Bahkan, tanpa dorongan dan motivasi orangtua, maka perkembangan prestasi belajar sang anak akan mengalami hambatan dan menurun.

“Pada umumnya, ada diantara para orang tua yang kurang memahami betapa pentingnya

peranan mereka dalam hal ini. Bila semakin sedikit perhatian orangtua terhadap prestasi belajar anak-anaknya, maka semakin rendah pula prestasi yang akan dicapai sang anak dalam sekolahnya,” katanya.

Ia menuturkan, tidak sedikit orangtua yang kurang memberikan dorongan atau perhatian terhadap prestasi belajar anaknya. Mungkin, hal ini terjadi karena orangtua terlalu sibuk dengan segala urusan pekerjaan di kantor ataupun bisnisnya. Apalagi, tidak semua anak dapat mengatasi kesulitannya sendiri. “Maka dari itu, sebaiknya orang tua mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi anaknya,” imbuhnya.

Tidak itu saja, tambahnya, keberhasilan prestasi siswa bukan hanya berkat dorongan dan motivasi

yang diberikan guru maupun orang tua, namun juga harus ditunjang oleh tersedianya sarana dan prasarana yang mumpuni. “Jadi, dalam mencapai prestasi gemilang, hal tersebut merupakan penunjang yang cukup vital,” ujarnya.(

 

Sumber :

https://rollingstone.co.id/