Our Blog

Pengertian dan Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia

Pengertian dan Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia

PENGERTIAN GLOBALISASI

PENGERTIAN GLOBALISASI

Dalam peradaban dunia sekarang ini, bagaikan anak panah yang melesat dari busurnya, anak panah itu tidak akan berhenti sebelum mencapai sasaran. Perubahan-perubahan dewasa ini sangat cepat, sementara itu, kekuatan peradaban terletak pada ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang akan membawa pengaruh bagi kehidupan manusia.

Apa itu globalisasi?

Jawabnya singkat,yaitu proses yang memudahkan untuk berkomunikasi, berinteraksi, mengembangkan suatu ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. Fenomena mengenai globalisasi menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia.

Pada dasarnya globalisasi merupakan integrasi pasar, finansial, dan teknologi yang mengecilkan dunia dari ukuran sedang menjadi kecil. Globalisasi memungkinkan kita untuk lebih dapat menjangkau semua penjuru dunia secara lebih jauh, lebih cepat, lebih dalam, dan lebih murah dari waktu sebelumnya.

Isi globalisasi kebanyakan oleh kalangan pembelajar adalah di bidang bisnis internasional, ekonomi, dan sosiologi. Bagaimana ahli hukum dalam memandang globalisasi dan konsekuensinya terhadap hukum. Sebelum lebih jauh menginjak pada masalah posisi dan respon hukum terhadap globalisasi, kita perlu mencari dan menyepakati, hal-hal yang menjadi unsur diterminasi globalisasi.

Dalam era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi pendorong hubungan antarbangsa, maka membangun masyarakat modern berarti harus membuka diri, sebab bangsa yang tertutup akan ketinggalan kemajuan bangsa lain.

Globalisasi, Pengertian Globalisasi

Apa itu Globalisasi, Definisi Globalisasi, Pentingnya Globalisasi.
Pengertian dan Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia | www.dosen-ppkn.blogspot.com

Dalam membangun, bangsa kita bukan saja menyerap modal, teknologi, ilmu pengetahuan, dan keterampilan dari luar, tetapi terbawa masuk pula nilai-nilai sosial dan politik yang berasal dari kebudayaan lain. Untuk itu, kita harus mampu menyaring nilai-nilai dari luar tadi agar nilai-nilai yang baik dan tidak bertentangan dengan kepribadian bangsa yang kita serap, seperti budaya kerja keras, mandiri, menghargai waktu, investasi, keilmuan, rasional teknologi, dan lain-lain. Nilai-nilai yang tidak sesuai/bertentangan harus kita tolak seperti minum-minuman keras, pergaulan bebas, individualistis, dan lain sebagainya.

Era globalisasi yang berasal dari pengaruh asing sangat membahayakan bagi kehidupan bangsa Indonesia yang mempunyai nilai yang sangat kental dengan nilai kegotongroyongan, persatuan dan kesatuan, mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan, serta nilai religius yang sangat konsisten melaksanakan ajaran agama dengan ditandai toleransi yang mendalam. Untuk itu, bangsa Indonesia harus tetap waspada.

Namun, globalisasi juga mempunyai arti penting bagi kemajuan bangsa Indonesia, dalam hal ini arus komunikasi berkembang pesat. Di era tahun tujuh puluhan alat transportasi juga komunikasi sangat terbatas, tetapi di era globalisasi terdapat berbagai komunikasi, di antaranya internet, handphone, telepon, dan sebagainya. Ini semua membawa dampak positif bagi kemajuan bangsa di pelosok tanah air. Pada prinsipnya informasi mudah diserap mulai dari lapisan atas sampai masyarakat yang paling bawah (masyarakat pedesaan).

Meskipun demikian, masyarakat harus tetap waspada dengan adanya informasi yang sangat global, dan harus pandai menyaring mana yang harus dilakukan atau diikuti maupun yang harus dihindari.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Globalisasi, semoga pembaca sekalian dapat mengambil manfaat dari tulisan di atas. Jika ada salah kata, mohon kritik dan sarannya. Itu saja yang bisa kami sampaikan. Terima kasih banyak sudah bersedia berkunjung.Itulah penjelasan mengenai Pengertian Ideologi, semoga pembaca sekalian dapat mengambil manfaat dari tulisan di atas. Jika ada salah kata, mohon kritik dan sarannya. Itu saja yang bisa kami sampaikan. Terima kasih banyak sudah bersedia berkunjung.

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/