Our Blog

Pengerjaan Pembangunan SMAN 4 Tangsel tanpa Papan Proyek

Pengerjaan Pembangunan SMAN 4 Tangsel tanpa Papan Proyek

Pengerjaan Pembangunan SMAN 4 Tangsel tanpa Papan Proyek

Pesat pembangunan  gedung sekolah di Kota Tangerang Selatan

(Tangsel), Banten kurang mendapat pengawasan. Hal ini seperti terlihat pada pembangunan yang sedang berjalan di SMAN 4, Jalan WR Supratman, Kompleks Pertamina Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel.

Proyek pembangunan penambahan ruang kelas baru tidak dilengkapi dengan papan  proyek dalam pengerjaannya sekolah tersebut. Juniar warga sekitar mengatakan kepada  Reaksi Selasa ( 9/10/2018 ),

”Pembangunan penambahan ruang kelas baru dua lantai di SMAN 4

sudah berjalan kurang lebih satu setengah bulan. Ini merupakan pembangunan untuk tahap kedua,” kata Juniar warga sekitar kepada Reaksi, Selasa (9/10/2018).

“Herannya kami warga sekitar tidak melihat adanya papan  nama informasi proyek terpampang di lokasi pembangunan. Pelaksanaan proyek  harus sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) dan peraturan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” tutur di lagi.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres

Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Di mana keterbukaan atau transparansi ini dimulai sejak tender atau lelang proyek dilakukan. Ini bertolak belakang  dengan Pasal 25 Perpres diatur mengenai pengumuman rencana pengadaan barang/jasa pemerintah melalui website, portal LPSE,” jelas dia.

Wardana yang juga warga sekitar menambahkan, ia sebagai warga juga bingung  anggaran proyek bersumber dari mana, berapa lama masa pekerjaannya dan siapa yang mengerjakan.

“Kami sebagai masyarakat tidak dilibatkan  untuk mengawasi, padahal kami membayar pajak yang  ditarik pemerintah,” ucap Wardana.

Sementara itu, Salomo sebagai kontraktor proyek SMAN 4 mengatakan, papan proyek ada di kantor . (R2)

 

 

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/