Our Blog

Pemerintah Harus Tingkatkan Formasi Pendidikan S3 PNS

Pemerintah Harus Tingkatkan Formasi Pendidikan S3 PNS

Pemerintah Harus Tingkatkan Formasi Pendidikan S3 PNS

Pemerintah daerah harus lebih meningkatkan formasi pendidikan strata tiga

(S3) bagi para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku melalui kebijakan mengalokasikan anggaran yang lebih memadai.

“Pengalaman tahun anggaran 2014, alokasi dana tugas belajar untuk program diploma (D3), S1, S2, dan S3 sebesar Rp3,568 miliar, tetapi yang paling dominan adalah program studi S1,” kata ketua F-PDI Perjuangan Maluku Lucky Wattimury di Ambon, Jumat (28/8).

Ironisnya, serapan anggaran untuk program tugas belajar PNS yang S3 hanya Rp25 juta.

Untuk itu, kata Lucky Wattimury diharapkan untuk tahun mendatang ada kemauan baik

pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan formasi pendidikan S3 untuk PNS di lingkup pemprov.

Harapan ini memiliki tujuan agar peningkatan kompetensi, kapasitas dan integritas bagi birokrat adalah faktor mutlak untuk meningkatkan kinerja birokrasi.

Sehingga pelayanan publik dapat terselenggara dengan optimal untuk lebih

mensejahterakan rakyat.

Karena upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi ini selain lewat kursus, pelatihan, atau pun bimtek, tetapi jalur pendidikan formal berupa program tugas belajar bagi PNS sangatlah strategis.

Kemudian bantuan pendidikan kepada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di daerah ini patut menjadi perhatian khusus untuk program studi S2 dan S3, khususnya tenaga dosen.

“Agar selain memenuhi standar formal pendidikan, juga bisa meningkatkan keahlian dan kompetensi sebagai tenaga pendidik, khususnya bidang studi yang berhubungan dengan kemaritiman dan diprioritaskan pada sektor kelautan serta perikanan,” ujarnya.

 

Baca Juga :