Our Blog

Ombudsman Minta Disdikpora Tindak Pelanggar PPDB SD

Ombudsman Minta Disdikpora Tindak Pelanggar PPDB SD

Ombudsman Minta Disdikpora Tindak Pelanggar PPDB SD

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman menindak sekolah yang melanggar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2016. SD Model dan SD Percobaan Sleman, Yogyakarta terkena kasus pelanggaran tes masuk pada beberapa waktu lalu.

Kedatangan tim ORI DIY terkait kasus dugaan pelanggaran tes masuk

dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Tim ORI DIY yang dipimpin Rifki Taufiqurahman hari ini meminta penjelasan dari Disdikpora Sleman dan kedua sekolah tersebut yang diduga melakukan tes masuk kepada calon siswa. Ia mendatangi kantor

Dalam pertemuan itu, pihak sekolah mengaku memberlakukan tes masuk,

tapi bukan untuk menentukan penerimaan siswa baru. Namun, Disdikpora tetap memerintahkan kedua sekolah untuk kembali kepada mekanisme umur dalam PPDB.

“Hasil test masuk yang sudah dilakukan kedua SD tersebut tidak digunakan sebagai penentu, dan Disdikpora memerintahkan sekolah kembali ke mekanisme umur utk menentukan diterima tidaknya calon siswa,” ujar Kepala Perwakilan ORI DIY, Budhi Masturi.

Keputusan ini dihasilkan setelah dilakukan pertemuan antara pihak Disdikpora,

ORI DIY, dan perwakilan kedua sekolah. Dari pihak Disdikpora dihadiri oleh kepala dinas, Arif Haryono beserta jajarannya.

Dari pertemuan itu, pihak sekolah juga bersedia menerima keputusan untuk tidak lagi memberlakukan tes masuk.
“Pihak sekolah dapat menerima keputusan tersebut dan akan menjalakan sebagaimana mestinya,” imbuh Budhi.

 

Sumber :

https://appliedanimalbehaviour.com/