Our Blog

Langkah-Langkah Seleksi Kerja

Langkah-Langkah Seleksi Kerja

Langkah-Langkah Seleksi Kerja

1. Screening

Screening disini bisa juga diartikan filtering, hanya saja biasanya proses screening yang dilakukan oleh bagian recruitment hanya terbatas pada dokumen dokumen baik itu utama atau pendukung yang diberikan oleh calon kandidat karyawan. Dalam proses screening ini seorang Recruitment Head dibantu oleh bawahannya melakukan pengecekan terhadap keabsahan dan keaslian dari dokumen tersebut agar kandidat yang diterima atau lanjut pada proses selanjutnya benar benar seperti yang diharapkan oleh perusahaan. Setelah didapat calon kandidat yang memenuhi persyaratan yang diajukan oleh perusahaan, serta bisa dipertanggungjawabkan keaslian dan keabsahan dokumennya, maka divisi recruitmen selanjutnya melakukan summary atau pengumpulan data dan menjadikannya satu bundle untuk kemudian dijadikan bahan pertanyaan dan analisa saat kandidat tersebut dating untuk melakukan interview dengan bagian recruitment.

2. Melakukan pertemuan dengan kandidat

Lanjut pada tahap kedua, setelah screening dan summary selesai dilakukan, Recruitment Head akan mengatur jadwal pertemuan dengan calaon kandidat karyawan untuk melakukan interview.

3. Mengumpulkan review tekait CV dan sertifikast serta testimoni yang dimiliki kandidat

Setelah Interview dilakukan, Recruitment Head dibantu oleh para staff melakukan pengumpulan data atas jawaban-jawaban serta testimony dari para kandidat untuk kemudian menyerahkan hasil interview tersebut ke Kepala Divisi atau Kepala Departemen lain yang membutuhkan karyawan terkait untuk melakukan Interview lanjutan.


Sumber:

https://kelasips.co.id/