Our Blog

Ketahui Error Koneksi di Google Chrome dan Cara Memperbaikinya

Ketahui Error Koneksi di Google Chrome dan Cara Memperbaikinya

 

Ketahui Error Koneksi di Google Chrome dan Cara Memperbaikinya

Ketahui Error Koneksi di Google Chrome dan Cara Memperbaikinya

Pernahkah Anda mengalami gagal memuat halaman situs ketika sedang berselancar menggunakan peramban? Jika pernah, hal tersebut adalah wajar dan dialami oleh sebagian besar pengguna di dunia.

Masalah ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Penyebab paling umum biasanya adalah error koneksi atau sambungan yang gagal, misalnya kesalahan alamat web atau gangguan pada koneksi internet.

Kesalahan dalam memasukkan alamat web memang menjadi penyebab dasar dari masalah ini. Pasalnya, setiap situs memiliki domain yang sudah terdaftar sehingga dapat dilacak dan ditemukan jika diinput dengan benar.

Sambungan internet juga perlu menjadi perhatian. Meski terkadang berstatus aktif dan terhubung, tapi seringkali

internet tersebut tidak berfungsi dengan normal atau tidak stabil. Sehingga membuat pemuatan halaman situs menjadi error.

Tak hanya itu, biasanya sejumlah peramban seperti Google Chrome, memiliki sejumlah pesan error yang akan muncul ketika situs gagal dimuat.

Pesan error ini beragam dan umumnya berkaitan dengan beberapa aspek keamanan, legalitas, dan lainnya dari situs yang ingin dikunjungi atau bisa juga berasal dari peramban yang digunakan.

Google Chrome sendiri memiliki sejumlah pesan error yang dapat mengidentifikasi penyebab dari gagalnya pemuatan situs. Namun, tak banyak orang yang mengetahui arti dari pesan-pesan tersebut.

Oleh karenanya berikut kami ulas sejumlah pesan error yang sering muncul ketika terjadi error koneksi di peramban milik Google tersebut.

ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

ERR_TOO_MANY_REDIRECTS atau “Halaman ini memiliki pengalihan balik” adalah pesan error yang biasanya muncul jika halaman mencoba mengalihkan Anda berkali-kali.

Terkadang, halaman tidak terbuka karena cookie tidak berfungsi dengan benar. Sehingga perlu mencoba bersihkan cookie untuk memperbaiki masalah tersebut.

ERR_SSL_FALLBACK_BEYOND_MINIMUM_VERSION

Jika Anda menemukan pesan ini atau yang bertuliskan “Situs ini tidak dapat menyediakan koneksi aman; error jaringan mengirim respons tidak valid”, umumnya error tersebut berkaitan dengan situs yang hendak dikunjungi sedang dalam akses terbatas atau proses lainnya.

ERR_CERT_SYMANTEC_LEGACY
Pesan error yang satu ini juga berkaitan dengan masalah pada situs. Jika terdapat kata Symantec, minta pemilik situs untuk memperbarui sertifikat situs yang mendukung.

Error HSTS, sertifikat privasi, atau Invalid Name

Jika Anda mendapatkan pesan error yang menyebutkan HSTS, sertifikat privasi, atau nama yang tidak valid, kemungkinan perangkat yang digunakan sedang terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang membutuhkan akses masuk.

Untuk memperbaikinya, coba buka situs apa pun yang diawali dengan http:// melalui peramban. Ketika berhasil biasanya Anda akan dibawa ke halaman Login dari akses masuk jaringan Wi-Fi tersebut.

Pesan error ini juga biasanya bisa disebabkan oleh beberapa antivirus yang mencegah Chrome memberikan perlindungan.

Periksalah antivirus yang Anda gunakan, coba matikan terlebih dahulu. Jika berhasil, situs yang hendak dikunjungi akan bisa segera dimuat.

NET::ERR_CERT_DATE_INVALID

Kode error ini biasanya diikuti dengan pesan “Jam terlalu lambat” atau “Jam terlalu cepat”, yang berarti masalah tersebut disebabkan oleh tanggal dan waktu di perangkat (PC atau seluler) tidak akurat.

ERR_SSL_VERSION_OR_CIPHER_MISMATCH

Kode error ini dibarengi dengan pesan “Halaman web ini tidak tersedia”, itu berarti situs tersebut memiliki kode keamaan yang sudah kadaluwarsa.

Sehingga Chrome melindungi privasi Anda dengan mencegah sambungan ke situs tersebut karena dianggap tak lagi aman untuk diakses oleh siapapun.

Sumber:

https://haciati.co/jasa-penulis-artikel-di-tukang-konten/