Our Blog

Gripen E, Jet Tempur Efisien

Gripen E, Jet Tempur Efisien

Gripen E, Jet Tempur Efisien

PRODUSEN pesawat asal Swedia, Svenska Aeroplan AB (SAAB), meluncurkan jet tempur terbaru mereka di Linkoping (170km dari Stockholm), pekan lalu.

Jet bernama Gripen E itu resmi masuk pasar dan digadang-gadang akan berkompetisi dengan pesawat perang termahal di dunia pabrikan Lockheed Martin (Amerika Serikat), F-35.

Gripen E merupakan versi terakhir dari total 6 varian seri yang sudah diluncurkan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan para pendahulunya, Gripen E memiliki ukuran lebih besar, mesin lebih tangguh, dan sistem radar teranyar. Gripen E memiliki panjang 15,2 meter dan sayapnya 8,6 meter.

Dengan kapasitas lepas landas seberat 16.500 kg, kecepatannya

bisa mencapai level 2 mach. Rata-rata waktu kedatangan setelah misi selesai diestimasi 10 menit.

Menurut SAAB, pesawat itu dirancang agar bisa membawa persenjataan lebih banyak, termasuk kombinasi bom kendali, misil udara ke udara jarak jauh, dan senjata antikapal perang. Ada juga Mauser BK27 27 mm untuk menyerang target di darat dan laut.

Gripen E disokong mesin tunggal General Electric F414 turbofan. Dari segi desain, jet tersebut tak jauh berbeda dengan jet sekelas lainnya yang memakai sayap delta dan sistem avionik ‘terbang dengan kabel’ (FBW). Bedanya, jet ini memiliki kapasitas bahan bakar 20% lebih besar.

Di samping itu, wahana yang dijuluki ‘pesawat tempur pintar’

itu dilengkapi perangkat untuk melacak berbagai ancaman dengan sistem radar mutakhir.

Sensor pada Gripen E terdiri dari radar active electronically scanned array

(AESA), infra-red search and track (IRST), rangkaian electronic warfare (EW), dan teknologi penghubung data. Menurut SAAB, perpaduan sistem sensor tersebut mampu memudahkan kerja pilot dan operator dalam memberikan informasi.

 

sumber :

https://ppidkabbekasi.id/adventures-of-mana-apk/