Our Blog

Forum Edukasi, Inovasi Museum Penerangan untuk Pelajar

Forum Edukasi, Inovasi Museum Penerangan untuk Pelajar

Forum Edukasi, Inovasi Museum Penerangan untuk Pelajar

Museum Penerangan,  Direktorat Jendral Informasi Dan Komunikasi Publik

Museum Penerangan,  Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan banyak inovasi guna menarik pengunjung. Salah satunya adalah program bertajuk ‘Forum Edukasi’ yang menyasar pelajar SMA sederajat di seluruh Indonesia.

Kasi Layanan dan Edukasi Museum Penerangan, Vetri Ridha mengatakan, program tersebut berbentuk forum lokakarya yang membahas berbagai macam kegiatan edukasi yang diinginkan oleh siswa. Beberapa  lokakarya yang telah diadakan adalah pembuatan vlog, editing video, dan manejemen media sosial.

“Kita menerima forum edukasi tersebut, namun peserta harus melakukan

konfirmasi jauh-jauh hari agar kita bisa mempersiapkan,” ujarnya dalam di sela Travel Dialog “Ayo ke Muspen!” Potensi Wisata Edukasi melalui Museum,  Selasa 26 Februari 2019 di Hotel Grand Tebu Kota Bandung. .

Vetri pun menuturkan, program tersebut sudah diikuti oleh banyak pelajar di seluruh Indonesia. Yang terbaru adalah kunjungan para pelajar dari Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang saat itu diberikan edukasi seputar Hari Pers Nasional.

Melalui program tersebut, Vetri menegaskan fungsi mesueum yang tidak hanya

memarkan barang yang bernilai sejarah, melainkan juga fungsi edukasi melalui berbagai macam cara. “Ini semua yang dibawah museum penerangan, jadi memang gak melulu yang kita kelola itu tentang museum, namun ada juga program-program seperti ini,” tambahnya.

Kegiatan tersebut mengundang 50 agen travel yang ada di Jawa Barat, beberapa diantaranya adalah Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia/ Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Indonesian Tour Leaders Association (ITLA), dan Asosisasi Museum Indonesia Daerah Jawa Barat (AMIDA JABAR).

Selain itu, Kegiatan tersebut pun mengundang pemangku jabatan, yakni  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan dan Promosi, Abur Mustikawanto.***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/