Our Blog

Cara Membeli Berlian Kuning

Cara Membeli Berlian Kuning

Cara Membeli Berlian Kuning

Berlian fancy color atau berlian warna yang memiliki warna kuning termasuk salah satu berlian langka. Dan, diperkirakan jumlahnya hanya satu berbanding 10 ribu dengan warna lainnya. Ingin memilikinya? Simak beberapa panduan untuk membeli berlian kuning.

Tak hanya termasuk berlian langka, berlian kuning pun memiliki warna yang sangat mewah diantara warna lainnya. berlian kuning bisa Anda jadikan batu pada cincin kawin ataupun cincin tunangan Anda yang dapat dipadukan dengan logam emas atau palladium. Tertarik? Nah, sebelum Anda membeli berlian kuning, ada baiknya untuk menyimak beberapa panduan saat membeli batu berlian kuning untuk cincin kawin ataupun cincin tunangan.

Ragam Berlian Kuning

Sebuah laboratorium analisis batu permata mengatakan bahwa ada beberapa tingkat/skala warna yang digunakan untuk mengklasifikasikan intensitas warna pada berlian kuning misalnya saja, Vivid Yellow yang merupakan warna berlian kuning yang paling langka, dan setelah itu ada Intense Yellow, Fancy Yellow, dan Light Yellow. Jadi, biasanya toko perhiasan menyebutnya berlian kuning kecoklatan atau warna kekuningan lainnya. Pastikan berlian kuning yang Anda pilih sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Apakah Berlian Kuning Lebih Mahal Daripada Berlian Tanpa Warna?

Jawabannya adalah tergantung dari intensitas warna berlian itu sendiri. Jika Anda membeli berlian kuning dengan skala warna Vivid Yellow atau Intense Yellow tentu harganya akan lebih mahal dibandingkan berlian tanpa warna, karena kedua berlian kuning tersebut termasuk yang paling langka diantara skala warna kuning lainnya.

Sama halnya dengan berlian tanpa warna, harga berlian kuning pun ditentukan berdasarkan berat carat  dan kejelasan/clarity dari berlian tersebut. Terkadang, inklusi pada berlian warna (kuning) hampir tidak terlihat karena tertutupi olrh warna berlian itu sendiri, berbeda dengan berlian tanpa warna dimana inklusi terlihat jelas.

Potongan & Bentuk Apa yang Cocok untuk Berlian Kuning?

Untuk cincin tunangan ataupun cincin kawin dengan berlian kuning, Anda bisa memilih berbagai potongan atau bentuk yang Anda inginkan. misalnya saja, bentuk round, cushion, radiant, emerald cut, marquise, Asscher, pear dan berbagai bentuk berlian lainnya. Karena, berlian kuning ataupun berlian tanpa warna cocok menggunakan bentuk dan potongan apapun.

Model Cincin yang Cocok untuk Berlian Kuning

Baik bentuk berlian ataupun model, berlian kuning dapat Anda kreasikan dengan model cincin seperti apapun. Misalnya saja Anda memilih model cincin halo dengan berlian kuning dengan ukuran sedikit lebih besar di tengah  dan berlian kuning kecil-kecil yang mengelilingi berlian utama. Pun, Anda dapat menambahkan berlian kecil-kecil pada rangka cincin tersebut.


Baca Artikel Lainnya: