Our Blog

Bagian Komponen- Komponen RAM beserta penjelasan

Bagian Komponen- Komponen RAM beserta penjelasan

Bagian Komponen- Komponen RAM beserta penjelasan

Bagian komponen :

1. Chip kecil yang terletak di pojok kanan atas berfungsi untuk menyimpan informasi serial presence detect, yaitu keterangan konfigurasi standar dari modul memory yang bisa dideteksi secara otomatis oleh Motherboard (setting konfigurasi bisa dilakukan di BIOS).

2. Di bagian ujung kiri dan kanan ada bagian berlubang lagi diatasnya.
Lubang ini berfungsi sebagai tempat kait pengunci modul memory pada SLOT RAM di Motherboard.

3. Yang ditandai ini adalah salah satu CHIP dari beberapa deretan CHIP memory dari sebuah modul RAM. Penempatannya bisa berjejer di satu sisi (single side) atau kedua sisi modul (double side), biasanya yang beredar umumnya di Indonesia pada beberapa modul RAM, CHIP yang berderet ini berjumlah sebanyak 8 IC & 16 IC.

4. Pada suatu tempat di bagian konektor, ada lubang kecil yang disebut sebagaiĀ notch. Lubang ini berfungsi untuk mencegah modul memory ditempatkan di slot yang tidak pas/pada tempatnya (misalnya jenis DDR2yang coba dipasang di slot memory untuk jenis DDR3). LetakĀ Notchberbeda-beda, bergantung pada jenis RAM nya. Jenis memory yang bisa dipasangkan di Motherboard anda adalah yang memiliki notch yang cocok dengan slot memory di Motherboard.

5. Bagian paling bawah dari modul RAM ini adalah konektor yang ditancapkan ke slot memory di Motherboard, kaki2 seperti pin berwarna seperti tembaga ini cukup sensitif terhadap kotoran dan bila terlalu kotor maka modul RAM terkadang tidak terbaca di BIOS atau suka ada BSOD di sistem OS nya, bila konektor ini kotor kita bisa membersihkannya dengan menggosokkan karet penghapus dan bersihkan sisa serpihan penghapus dengan kain berserat halus yg terbuat dari katun.